Berwisata Ke Korea Utara

Berwisata Ke Korea Utara1

Berwisata Ke Korea Utara – Walaupun sama-sama bernama Korea, namun antara Korea Utara dan Korea Selatan memiliki image yang berbeda. Kalau Korea Selatan, tentunya semua orang sudah tahu seperti apa negara tersebut, negara yang begitu terkenal dengan ginseng dan budaya K-pop nya. Namun bagaimana dengan Korea Utara? Negara yang satu ini begitu tertutup dan terkesan misterius. Kalau anda tertarik untuk mengenal Korea Utara lebih dalam, anda bisa mengambil paket wisata ke Korea Utara. Saat ini sudah ada beberapa agen travel yang menawarkan paket wisata seperti ini, bahkan peminatnya pun cukup banyak.

Salah satu doktrin yang terus melekat adalah jika sekali masuk ke Korea Utara, maka tidak ada yang bisa keluar lagi. Apalagi banyak berita mengenai masyarakat Korea Utara yang mencoba keluar ke Cina maupun Korea Selatan dan berakhir tidak baik. Padahal berwisata ke Korea Utara tidak semenakutkan kata orang-orang, bahkan tidak sulit untuk berkunjung ke negara tersebut dengan catatan bila anda menggunakan agen travel. Kalau anda berencana backpacking sendiri ke Korea Utara, maka lain lagi ceritanya.

Terkait pengurusan visa, nantinya pihak agen travel akan mengurus langsung ke Korea Utara, tepatnya di Pyongyang. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 1 bulan dari proses pengajuan hingga visanya keluar. Selama ini tidak pernah terdengar ada kesulitan ketika pengajuan visa, karena memang Mantan Perdana Menteri Korea Utara yaitu Kim Il Sung memiliki hubungan yang baik dengan Soekarno, sehingga hubungan diplomatik antara kedua negara lebih mudah.

Sama seperti ketika berwisata ke negara lain, tentu anda harus mengetahui hal-hal yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan. Hal tersebut akan mempermudah anda ketika berwisata kesana, terutama ke Korea Utara karena peraturannya masih cukup ketat, tidak seperti negara wisata lainnya. Bahkan ketika anda melanggar peraturan yang sudah disampaikan, maka anda akan mendapatkan sanksi, karena itulah anda harus benar-benar menjaga diri dan selalu mengikuti peraturan selama di Korea Utara.

Ketika sampai di Korea Utara nanti, para wisatawan akan mendapatkan pemandu tur lokal dan juga petugas partai yang nantinya akan menemani. Jadi pastikan anda tidak melakukan hal-hal yang dilarang. Ada salah satu contoh rombongan tur yang salah satu pesertanya tidak sengaja meninggalkan sebuah kitab suci, padahal Korea Utara sebagai negara komunis tidak memperbolehkan adanya penyebaran agama maupun doktrin tertentu. Akhirnya peserta tur tersebut mendapatkan sanksi dan agen travel tersebut dilarang mengadakan paket wisata ke Korea Utara lagi.

Terkait keamanan, anda tidak perlu khawatir karena Korea Utara sangat aman, apalagi rombongan tur selalu ditemani oleh pemandu lokal maupun petugas partai. Hampir tidak ada perampokan atau tindakan kriminal lainnya pada malam hari. Kalau anda berniat untuk jalan-jalan diluar jadwal yang sudah disiapkan, anda diperbolehkan melakukannya. Yang penting adalah anda meminta ijin terlebih dahulu kepada pemandu lokal, karena nantinya mereka yang akan menemani anda ketika jalan-jalan.

Ada satu hal yang harus anda perhatikan, dan ini wajib anda ingat terus. Sebagai seorang wisatawan tentunya anda akan mengambil banyak foto sebagai salah satu bentuk kenang-kenangan. Akan tetapi ada beberapa lokasi maupun obyek wisata yang tidak boleh diambil gambarnya. Ketika anda menginjakkan kaki ke Korea Utara, memory card anda akan diperiksa oleh petugas, sehingga apabila anda mengambil gambar di tempat atau obyek yang dilarang maka akan langsung ketahuan dan bisa mendapatkan sanksi.

Share with:

FacebookTwitterTumblrPinterest


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *